Protokol Komunikasi Data Dan Rangkaian Pengiriman Data

Protokol Komunikasi Data dan Rangkaian Yang digunakan Dalam Pengiriman Data

apologiku - Berbicara tentang standar komunikasi data teknologi internasional, tentunya tak lepas dari protokol komunikasi data yang digunakan dan juga rangkaian pengiriman data yang buat. Berikut ini penjelasan menganai Protokol Komunikasi Data dan Rangkaian Pengiriman Data.

Protokol Komunikasi. 

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.

Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.Standar protokol yang terpopuler sampai saat ini yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang telah ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

Istilah data yang digunakan berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital biner. Transmisi data berarti pengiriman data antara dua komputer, atau antara sebuah komputer dengan terminal. CCITT (Consultative Committee International Telephony and Telegraphy), yang sekarang dikenal sebagai ITU-T (International Telecommunications Union-Telephony) menyebut terminal sebagai piranti terminal data (data terminal equipment = DTE), tetapi dalam modul ini akan selalu digunakan istilah terminal.

Jenis komputer dalam suatu jaringan data terdiri dari satu atau lebih computer mainframe, atau host komputer, Komputer-komputer mini, komputer mikro, atau computer pribadi. Terminal-terminal yang peling sering dipakai antara lain adalah disc drive, pencetak, plotter, layar tampilan, dan papn ketik. Selain harus dapat berkomunikasi dengan terminal-terminal local, atau piranti peripheral, computer harus mampu berkomunikasi dengan computer lain dan/atau terminal-terminal yang terpisah cukup jauh.

Pemakaian komunikasi data semakin meningkat. Instansi-instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan dan lembaga keuangan, seperti bank dan instansi-instansi serupa, telah memasang jaringan komunikasi data yang canggih untuk mengirimkan data dari suatu tempat ke tempat lain, menghitung gaji, mencetak slip pembayaran, dan lain-lain, juga untuk memproduksi tagihan tagihan.

Tugas utama suatu computer dalam system jaringan adalah memproses dan menyimpan data, dan menghasilkan keluaran untuk periode waktu tertentu, misalnya mingguan atau bulanan. Aliran pekerjaan dengan mudah dapat direncanakan sebelumnya; data disiapkan dan diolah dengan system batch sehingga operasi ini desebut dengan pengolahan batch (batch processing).

Beberapa aplikasi komunikasi data yang dikembangkan pada tahun-tahun sebelumnya bersifat lebih khusus, misalnya pemesanan tempat duduk pesawat terbang, pemesanan paket liburan, pemasukan jarak jauh (pengguna mengirimkan data lewat sambungan ke computer, computer mengerjakan operasi yang diinginkan dan mengirimkan kembali hasilnya untuk kepentingan lain pada terminal masukan) dan data akusisi, yang tidak mempunyai dampak langsung pada kehidupan sehari-hari.

Pada tahun-tahun terakhir aplikasi komunikasi data menjadi umum, termaksuk diantaranya;
(a) pengecekan kartu keredit secara on-line,
(b) pemindahan dana dari satu bank ke bank lain secara elektronis,

Hal tersebut Karena X25 sudah diterima secara internasional hubungan dengan negara-negara lain dapat dilakukan dengan memanfaatkan protocol X25 ini.

Penggunaan PSDN dapat memberikan keuntungan yang besar terutama pada saat pengguna mengirimkan data dalam jumlah yang tidak terlalu besar melewati jalur yang padat dan kesuatu tempat yang berjarak yang sangat jauhkhususnya pada jam-jam sibuk. Tetapi juga dapat menjadi sangat mahal untuk keadaan-keadaan tertentu.

Pelayanan lain dari British Telecom adalah Kilostream, Megastream, dan Satstream. Kilostream dan Megastream menyediakan fasilitas pelayanan titik ke titik (point to point). Kilostream dapat beroperasi pada kecepatan 2400 bit/detik, 4800 bit/detik, 9600 bit/detik, 48 kbit/detik, dan 64 kbit/detik. Megastream beroperasi pada kecepatan 2.048 Mbit/detik, 8 Mbit/detik, 34 Mbit/detik, atau 140 Mbit/detik.

Pengiriman Data Seri dan Paralel 


Didalam system computer, karakter-karakter disajikan dalam bentuk data yang terdiri dari sederetan angka biner, atau bit (binary digit). Setiap bit hanya bernilai 1 atau biner 0. Pemindahan, penyimpanan, dan pengolahan data dalam computer, atau mikroprosesor, dapat dikerjakan berdasar atas operasi 8-bit, 16bit atau 32-bit, tergantung jenis computer yang digunakan.

Setiap 8 bit disebut 1 byte. Diluar computer, atau mikroprosesor, data dapat dikirimkan ke peripheral, terminal atau modem menggunakan cara pengiriman seri atau parallel.

Dalam proses komunikasi data,  transmisi data dengan cara pengiriman parallel, bit-bit yang membentuk karakter dikirimkan secara serempak melewati sejumlah penghantar yang terpisah, seperti terlihat pada Gambar 14. Pada saat computer mempunyai data untuk dikirimkan, jalur data-tersedia (DAV) diset tinggi. Pada saat terminal siap menerima data, jalur dataditerima (DAC) juga akan diset tinggi.

Prosedur handshaking ini selalu terjadi setiapa kali ada karakter yang dikirim computer. Handshaking ini diperlukan untuk mengakomodasi ketepatan waktu pengiriman data antara computer dan terminal, atau peripheral. Beberapa bentuk handshaking secara umum diperlukan karena computer dan terminal mungkin beroperasi pada kecepaan yang berbeda.

Jalur handshake biasanya ditambahkan untuk mengendalikan waktu yang tepat untuk pengiriman data . Cacah pengantar yang diperlukan untuk antarmuka parallel disebut lebar bus (bus width), dalam gambar diatas adalah 10 penghantar. Setiap penghantar mempunyai fungssi khusus, beberapa di antaranya untuk membawa data, sementara yang lain membawa informasi kendali dan sinkronisasi. Karena dalam system pengiriman peralel diperluka sejumlah penghantar untuk mengirimkan data, system pengiriman parallel hanya ekonomis untuk jarak pendek.
Pengiriman Data Pararel

Biaya penggunaan kabel banyak penghantar (multiconductor cable) relative  tinggi dan masalah yang disebut skew seringkali muncul. Skew adalah efek yang terjadi pada pengiriman sejumlah bit secara serempak dan tiba pada tempat yang dituju dalam waktu yang tidak bersama-sama.Efek ini semakin berpengaruh dengan semakin panjangnya kabel yang digunakan, hal ini akan menimbilkan kesalahan pada data yang diterima.

Antarmuka parallel akan memindahkan data secara cepat dan mudah untuk dioperasikan, tetapi lebar bus minimal 10 dan biasanya lebih tinggi, karena satu atau lebih, penghantar perlu ditambahkan untuk jalur handshake. Pengiriman paralel biasanya digunakan untuk menghubungkan computer dengan pencetak berkekuatan tinggi atau dengan disc drive yang berkecepatan tinggi dan panjang kabel relative pendek

Pengiriman seri biasanya digunakan untuk sambungan dengan jarak relatif lebih jauh, dan Gambar 16, menunjukan konsep dasr pengiriman seri. Data parallel internal dimaksukkan ke pengubah parallel ke seri. Pengubah parallel keseri biasanya dengan IC juga melakukan sejumlah fungsi yang lain dan dikenal sebagai UART, VART, ACIA, PIA dan lain lain.

Kanal seri mengirimkan setiap karakter per elemen sehingga hanya diperlukan dua penghantar, yaitu kirim data (TXD), dan terima data (RXD). Masing-masing elemen isyarat ekivalen dengan satu bit, dua bit atau tiga bit (disebut dibit atau tribit), atau kurang dari satu bit (penyandian Manchester), tetapi dalam bab ini sebuah elemen dianggap sama dengan satu bit.

Karena bit-bit dikirimkan secara berurutan dan tidak serempak, kecepatan pemindahan data lebih rendah disbanding pengiriman secara parallel. Pengiriman akan dimulai dari LSB (Least significant bit), dan diakhiri dengan (Most significant bit). Setiap karakter yang dikirimkan, disajikan dengan suatu ukuran bit tertentu sesuai dengan sandi yang digunakan. Penerima harus mencacah isyarat data yang sama, pada waktu yang tepat sebelum membentuk kembali karakter yang diterima.


Pengiriman seri menimbulkan tiga masalah penyesuaian: penyesuaian bit, penyesuaian karakter, dan penyesuaian blok. Dimisalkan data seri 10011010 akan dikirimkan. Agar diterima dengan benar, selang waktu yang digunakan oleh pengirim dan penerima harus sama satu terhadap yang lain. Untuk itu, pengirim dan penerima harus menambahkan detak.

Istilah detak (clock) digunakan untuk menunjuk sembarang pulsa sumber pewaktuan (timing pulse). Detak penerima harus menunjukan waktu yang tepat kapan isyarat harus dicacah oleh penerima untuk menetukan status logika dan setiap bit yang diterima. Secara ideal, seperti diilustrasikan pada Gambar 17. pulsa detak penerima harus terjadi ditengahtengahperiode waktu yang diperlukan oleh bit yang diterima.

Jika frekuensi datak dikurangi menjadi setengahnya, isyarat yang dating akan tebaca oleh penerima sebagai 1011, atau 0100, bergantung pulsa detak awal. Jadi supaya dapat diterima dengan benar, detak penerima harus mampu membedakan kelompokkelompok karakter yang tepat. Dengan kata lain penerima harus mampu menentukan bahwa suatu bit adalah bit awal (LSB) dari satu karakter.

Selain itu, penerima juga harus dapat mengenali awal dan akhir setipa blok data. Penyesuaian yang diperlukan dapat diperoleh secara sinkron maupun tak sinkron. Data yang dikirimkan oleh terminal ke computer lewat jalur RDX dimaksudkan ke pengubah seri ke parallel, yang juga ada didalam IC UART, dan diubah ke bentuk parallel sebelum diteruskan ke computer.


0 Response to "Protokol Komunikasi Data Dan Rangkaian Pengiriman Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel