google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 4 - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 4

apologiku - Berikut ini sajian kunci jawaban dan pembahasan dari buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan. Fokus pembahasan  materi pada pembelajaran 4.
     Tata letak bangunan, sanitasi, jalan, dan pembuangan limbah kandang kelinci Pak Rudi sangat rapi. Dengan demikian, setiap pengunjung yang datang akan merasa nyaman. Sebelum membangun kandang kelinci, Pak Rudi telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan membuat denah.
     Tahukah kamu apa itu denah? Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. Peta merupakan gambaran dengan menggunakan skala tertentu mengenai suatu daerah.
     Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui luas dan letak wilayah Negara Indonesia dengan menggunakan peta. Dengan peta kita juga bisa mengetahui kondisi geografis negara Indonesia.

AYO MENGAMATI

Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia. 
Jawaban:
1. Luas wilayah : 138.793 km2
2. Batas
Laut : Utara (Laut Jawa), Selatan (Samudera Hindia), Barat (Selat Sunda), Timur (Selat Bali)
Daratan : Utara (Kalimantan), Selatan (Pulau Natal/Australia), Barat (Sumatera), Timur (Bali)
3. Keadaan Alam
Nama-nama pantai dan laut : Pantai Pangandaran (Jawa Barat), Pantai Carita (Banten), Pantai Siung (Yogyakarta), Pantai Menganti (Jawa Tengah), Pantai Ombak Mati (Jawa Tengah), Pantai Karang Agung (Jawa Timur), Pantai Tanjung Lesung (Banten), Pantai Klayar (Jawa Timur), Pantai Anyer (Banten), Pantai Parangkritis, Laut Jawa dan Samudera Hindia.
Nama-nama dataran rendah : Dataran rendah Surakarta, Semarang dan Madiun.
Nama-nama gunung : Gunung Ciremai (Jawa Barat),  Gunung Papandayan (Jawa Barat), Gunung Salak (Jawa Barat), Gunung Tangkupan Perahu (Jawa Barat), Gunung Sindoro (Jawa Tengah), Gunung Sumbing (Jawa Tengah), Gunung Merbabu (Jawa Tengah), Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Prau (Jawa Tengah), Gunung Lawu (Jawa Timur), Gunung Ijen (Jawa Timur), Gunung Argopuro (Jawa Timur), Gunung Semeru (Jawa Timur)

Jawaban:
1. Luas wilayah : 473.481 km2
2. Batas
Laut : Utara : Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Selatan: Selat Sunda, Barat: Samudera Hindia, Timur: Selat Malaka.
Darat : Utara: Malaysia, Selatan: (-), Barat: India, Timur: Kalimantan
3. Keadaan Alam
Nama-nama pantai dan laut : Pantai Iboih, Sorake, Carocok, Jemur, Pasir Panjang, Nongsa, Tanjung Tinggi, Pasir Putih, Trikora, Parai Tenggiri, Laut Indonesia
Nama-nama dataran rendah : Melaboh dan Singkil
Nama-nama gunung : Gunung perkison, Merapi, Leuser, Kerinci, Geureudong, Bandahara, Dempo, Singgalang, Talamau, Talang.
Jawaban:
1. Luas wilayah : 535.834 km2
2. Batas
Laut : Utara: Laut Cina Selatan; Barat: Selat Karimata; Timur: Selat Makassar, Laut Sulawesi; Selatan : Laut Jawa
Darat : Utara: Malaysia; Barat : Selat Karimata, Timur: Selat Makassar, Selatan: Laut Jawa
3. Keadaan Alam
Nama-nama pantai dan laut : Pantai Kakaban, sangalaki dan maratua di Kalimantan Timur; Sinka island park di Kalimantan Barat; Samber gelap di Kalimantan Selatan
Nama-nama dataran rendah : Pangkalabun, Kulau Kapuas dan Kulau Pembuang di Kalimantan Tengah; Redeb dan Selor di Kalimantan Timur; Ketapang dan Telukmelano di Kalimantan Barat; Daratan Rendah Barat dari lanjutan rawa-rawa Kalimantan Tengah dan dataran rendah timur yang terdapat Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan
Nama-nama gunung : Gunung Palung (KalBar); Gunung Bukit Raya (KalTeng); Gunung Liangpran (KalTim); Gunung Halau-halau (KalSel)

Jawaban:
1. Luas wilayah : 174.600 km2
2. Batas
Laut : Utara : Laut Sulawesi; Timur : Laut Banda; Selatan : Laut Flores; Barat : Selat Makassar
Darat : Utara : Filiphina; Timur Kepulauan Maluku; Selatan : NTT dan NTB; Barat : Kalimantan
3. Keadaan Alam
Nama-nama pantai dan laut : Untuk Pantai yaitu Likupang, Malalayang, Lakeba, Talise, Dato Majene, Lombang-Lombang, Palippis, Gong, Pall, Pulisan, Pasir Putih Lembeh, Lakban, Kema, Temboko Lehi, Nirwana, Kamali, Walengkabola. sedangkan untuk lautnya yaitu Sulawesi, Bunaken, Wakatobi, Sangihe.
Nama-nama dataran rendah :  Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng, Takalar, Gowa, Selayar, Majene, Mamuju, Ujungpandang, Pangkep, Barru, Pinrang, Polewali Mamasa
Nama-nama gunung : Gunung Mahawu, Bawakaraeng, Latimojong, Karangetang, Gandang Dewata, Awu, Lokon, Klabat, Mekongga, Soputan, Bulusaraung, Nona
Jawaban:
1. Luas wilayah : 420.540 km2
2. Batas
Laut : Utara (Laut Filipina), Selatan (Laut Arafuru), Barat (Laut Arafuru dan laut Banda), Timur (Samudera Pasifik)
Daratan : Utara (-), Selatan (Australia), Barat (-), Timur (Papua Nugini)
3. Keadaan Alam
Nama-nama pantai dan laut : Pantai Teluk Triton (Kaimana), Pantai Pulau Venue (Distrik Buruway),  Pantai Yen Beba (Manokwari Papua Barat), Patai Bakaro, Pantai Kaironi (Manokwari), Pantai Pulau Um (Sorong Provinsi Papua Barat),  Pantai Bosnik (Biak Timur, kabupaten Numfor), Pantai Tanjung Kasuari (Sorong, Papua Barat), Pantai Harlem (Kabupaten Jayapura),  Pantai Raja Ampat (Kabupaten Manokwari Papua Barat), Pantai Lampu Satu (Merauke ) dan Laut Arafuru.

Nama-nama dataran rendah : Dataran rendah Pesisir bagian selatan Papua, Dataran rendah Pesisir Arafura, Dataran rendah Pesisir Trans-Fly, Dataran rendah Pesisir Teluk Papua, Dataran rendah Pesisir barat laut Papua

Nama-nama gunung : Gunung Waspada,  Puncak Jaya, Gunung Trikora, Gunung Yamin, Gunung Mandala, Gunung Dom, Gunung Valentiyn, Pegunungan Hens, Gunung Angemuk, Gunung Kobowre(Wakai), Gunung Papua Peak, Gunung Deyjay, Puncak Idenburg.

Jawaban:
1. Luas wilayah : 20.153,15 km2
2. Batas
Laut : Utara: Laut Bali dan Laut Flores; Timur: Laut Arafuru; Selatan : Samudera Hindia; Barat : Selat Bali
Darat : : Utara: Pulau Kalimantan; Timur: Timor Leste; Selatan: Australia; Barat : Pulau Jawa

AYO BERDISKUSI

Setelah kamu mengetahui kondisi geografis pulau-pulau besar yang ada di Indonesia, buatlah kesimpulan kondisi geografis wilayah Indonesia secara umum.
Bandingkan hasil kesimpulanmu dengan temanmu. Mintalah pendapat dan penjelasan dari bapak atau ibu guru.

AYO MENCOBA

Setelah kamu mengetahui kondisi geografis wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke dalam sebuah peta sederhana.

Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT dan RW ataupun tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.

Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasilhasilnya. Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan perilaku dan sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.

AYO MEMBACA

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan
     Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.
     Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.
     Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama,
yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

AYO BERLATIH

Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks "Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan"

Paragraf 1
Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis

Paragraf 2
Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong

Paragraf 3
Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional

AYO MENULIS

Berdasarkan  ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf !

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh musyawarah yang sering kita jumpai sebagai seorang pelajar adalah musyawarah pemilihan ketua kelas. Dalam pemilihan ketua kelas, dibutuhkan kesepakatan bersama untuk mencapai kata mufakat. 

Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. kebebasan ini sudah di atur dalam undang-undang yang berlaku sehingga memungkinkan setiap masyarakat dapat memiliki agama sesuai dengan apa yang diyakininya. Tidak ada yang dapat memaksa seseorang untuk memeluk salah satu agama. Semua dikembalikan pada diri pribadi masing-masing warga negara. 

Selain pengetahuan dan keterampilan dalam beternak kelinci, ternyata Pak Rudi juga memiliki wawasan yang luas tentang bangsa dan negara. Pak Rudi banyak memberikan pengetahuan kepada Edo berkaitan dengan Pancasila dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

AYO RENUNGKAN

1. Dengan mengamati peta, kamu telah mengetahui kondisi geografis Indonesia dan kondisi geografis tempat tinggalmu. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan kondisi geografis lingkungan atau wilayah tempat tinggalmu?

2. Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Masihkah kedua perilaku tersebut diterapkan di wilayah tempat tinggalmu? Sebutkan contohnya!

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"