Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip-Prinsip Dan Alat-Alat Evaluasi Pembelajaran

apologiku - Evaluasi merupakan langkah untuk menilai hasil kinerja peserta didik berdasarkan pengetahuan dan pembelajaran yang telah di lalui. Evaluasi di adakan setidaknya setiap selesai satu pembahasan atau materi pokok. Selain itu, evaluasi pembelajaran yang paling pokok itu dilaksanakan setiap 1 semester sebagai alat ukur kemampuan siswa untuk naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Berikut ini, admin apologiku akan membeberkan prinsip-prinsip dan alat-alat evaluasi pembelajaran yang senantiasa harus di persiapkan sebelum pelaksanaan evaluasi.

PRINSIP EVALUASI
Ada satu prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi, yaitu adanya triangulasi atau hubungan erat 3 komponen yaitu, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran atau KBM dan evaluasi itu sendiri. Ketiga komponen tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga dapat digambarkan sebagai berikut.
Berdasarkan gambar diatas dapat dirumuskan sebagai berikut :
A. Hubungan Antara Tujuan dan KBM
Kegiatan belajar mengajar dirancang dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru. RPP tersebut dibuat berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam setiap pertemuan. Olehnya itu, dikatakan bahwa tujuan pembelajaran berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar karena keduanya memiliki timbal balik dalam hal penggunaan.

B. Hubungan antara Tujuan dengan Evaluasi
Seperti yang diakatakan sebelumnya bahwa evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran sudah tercapai. Evaluasi juga adalah langkah akhir dalam menilai siswa. Dengan pengertian seperti itu, maka dapat diketahui bahwa evaluasi disusun berdasarkan tujuan, sedangkan tujuan pembelajarn menjadi titik acuan untuk menyusun alat evaluasi.

C. Hubungan antara KBM dan Evaluasi
Seperti halnya KBM yang mengacu pada tujuan pembelajaran dan evaluasi yang juga mengacu pada tujuan pembelajaran, maka perlu ditekankan pula bahwa evaluasi juga disusun dengan mengacu dan  menyesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. sebagai contoh jika KBM nya yang dilakukan berfokus pada pengembangan keterampilan, maka evaluasinya juga harus harus mengukur keterampilan peserta didik dan tidak sebaliknya.
***

ALAT EVALUASI
Dari pemaparan mengenai prinsip evaluasi di atas, selanjutnya kita beralih pada penyusunan alat evalusi. Dalam pengertian umum, alat adalah suatu hal yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Secara garis besar, alat evaluasi dapat digolongkan menjadi 2 bagian yaitu; tes dan bukan tes (nontes). Selanjutnya tes dan nontes ini disebut juga sebagai teknik evaluasi. Suatu alat evaluasi dapat dikatakan baik jika mampu mengevaluasi sesuatu yang dievaluasi dengan hasil seperti keadaan yang dievaluasi.

A. Teknik Evaluasi Tes
Apa sebernya tes itu ? mungkin ini menjadi pertanyaan mudah namun memerlukan jawaban yang ilmiah. Tes menurut beberapa ahli dapat diartikan sebagai berikut :

Drs. Amir Daien Indrakusuma dalam bukunya yang berjudul Evaluasi Pendidikan mengatakan, "Tes Adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data atau keterangan-keterangan yang diinginkan tentang seseorang, dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat."

Muctat Bukhori dalam bukunya yang berjudul Teknik-Teknik Evaluasi mengatakan, "Tes adalah suatu percobaan yang diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid."

Prof. Dr. Suharsisimi Arikunto dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan mengatakan, "Tes merupakan suatu alat pengumpul informasi tetapi jika dibandingkan dengan alat-alat yang lain, tes ini bersifat lebih resmi karena penuh dengan batasan-batasan.

Dari ketiga pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa tes adalah alat evaluasi yang objektif dan tersusun secara sistematis yang digunakan untuk mendapatkan data-data hasil kinerja yang telah dilalui dari sebuah proses.

Dari semua pengertian umum mengenai tes diatas, jika di adopsi dalam evaluasi pembelajaran peserta didik, maka tes tersebut dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:
  1. Tes Diagnostik adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan peserta didik sehingga dapat dilakukan pemberian perlakuan yang tpat berdasarkan kelemahan-kelamahan tersebut.
  2. Tes Formatif adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah terbentuk setelah mengikuti proses pembelajaran.
  3. Tes Sumatif adalah tes yang dilaksanakan setelah berakhirnya pembelajaran panjang selama satu semester atau satu tahun pembelajaran.
Khusus untuk tes formatif dan tes sumatif dapat diartikan sebagai berikut; Tes Formatif sama halnya dengan ulangan harian yang diberikan setiap selesai 1 pokok bahasan. Sedangkan Tes Sumatif sama halnya dengan ulangan semester atau ulangan kenaikan kelas yang dialakukan setelah semua pokok bahasan selesai di ajarkan.

B. Teknik Evaluasi Non Tes
Teknik evaluasi nontes dapat digolongkan sebagai berikut :
  1. Skala Bertingkat (rating scale) adalah pemberian rangking yang di sajikan dengan skala angka
  2. Kuesioner (questioner) atau yang lebih dikenal juga sebagai angket ini berupa pernyataan-pernyataan yang harus diisi dan akan di ukur sesuai jumlah responden.
  3. Daftar cocok (check list) adalah deretan pernyataan yang harus diisi dengan membubuhkan tanda cocok ditempat yang sudah disediakan.
  4. Wawancara (interview) adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan jalan tanya jawab sepihak.
  5. Pengamatan (observation) adalah teknik yang dilakukan dengan cara mengamati sambil membuat catatan secara sistematis
  6. Riwayat hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya.
***
Demikianlah prinsip dan alat evaluasi yang perlu kita ketahui untuk lebih mantap dalam menyusun alat evaluasi pembelajaran sebagai alat ukur kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang telah dilalui pada proses pembelajaran.

Post a Comment for "Prinsip-Prinsip Dan Alat-Alat Evaluasi Pembelajaran"