Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

apologiku- Teman teman kali ini kita akan mengulas tentang model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Berikut Ulasannya :

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation adalah Herbert Thelen dan disempurnakan oleh Sharan dan rekan-rekannya di Tel Aviv UniversityGroup Investigation merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, di mana siswa diminta untuk melakukan penyelidikan tentang topik yang sedang dibicarakan. 




langkah – langkah yang harus dilakukan oleh guru dalam menerapkan metode pembelajaran dengan teknik ini, yaitu sebagai berikut.
  1. Guru melakukan pembagian siswa – siswa di dalam kelas. Pembagian siswa tersebut untuk dimaksudkan ke dalam kelompok. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok yang bersifat heterogen.
  2. Guru perlu memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran ini dan tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
  3. Guru memanggil masing – masing ketua dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain. Kemudian, masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan. Setelah selesai pelaksanaan diskusi kelompok, selanjutnya juru bicara dalam kelompok diminta untuk menyampikan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh kelompok.
  4. Di akhir pembelajaran, guru perlu membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di bahas dalam kelompoknya (Widayati & Muaddab dalam Fatmawati, 2015)
Pendapat lain yaitu Suardi (2015) menyatakan bahwa terdapat enam langkah untuk melaksanakan metode pembelajaran dengan teknik group investigation, yaitu grouping, planning, investigation, organizing, presenting,dan evaluating. Masing – masing dari langkah – langkah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Grouping. Merupakan langkah dalam group investigation di mana pada langkah ini merupakan tahapan untuk menentukan jumlah anggota yang akan terlibat dalam kelompok, menentukan sumber yang dapat digunakan oleh kelompok, memilih topik yang akan digunakan dalam kelompok, dan merumuskan suatu permasalahan.
  2. Planning. Merupakan langkah dalam group investigation di mana dalam tahapan ini mulai menetapkan tentang hal – hal yang akan dipelajari, cara untuk mempelajarinya, menentukan individu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuannya, dan tujuan dalam mengerjakan.
  3. Investigation. Merupakan langkah dalam group investigation di mana dalam langkah ini mulai muncul saling bertukar informasi dan ide diantara individu dalam kelompok, melakukan kegiatan diskusi, melakukan klarifikasi, mengumpulkan suatu informasi, menganalisis data yang telah diperoleh, dan membuat inferensi.
  4. Organizing. Merupakan langkah dalam metode group investigation di mana dalam tahapan ini anggota kelompok mulai menuliskan hasil diskusinya ke dala laporan, membuat rencana untuk melakukan presentasi dari laporan yang diperoleh, menentukan penyaji dalam laporan, moderator dalam presentasi, dan menentukan notulis untuk mencatat hasil presentasi.
  5. Presenting. Merupakan langkah dalam metode group investigation, di mana dalam langkah ini salah satu kelompok menyajikan hasil yang diperoleh, sedangkan kelompok yang lain melakukan suatu pengamatan, melakukan evaluasi, melakukan klarifikasi, kemudian mengajukan pertanyaan atau tanggapan pada kelompok yang tampil.
  6. Evaluating. Merupakan langkah dalam metode group investigation, di mana dalam tahapan ini masing – masing siswa mulai melakukan koreksi atau pembenaran terhadap laporan – laporan yang disusun. Pembenaran dilakukan berdasarkan pada hasil diskusi dengan kelas, siswa, dan guru. Guru perlu berkolaborasi dengan siswa di kelas untuk melakukan penilaian terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kemudian, guru juga perlu melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa yang difokuskan pada pencapaian pemahamannya.
Model group investigation memiliki beberapa langkah yang harus diikuti mulai dari awal pembelajaran dalam pembentukan kelompok hingga pada penilaian. Penilaian yang dilakukan bukan hanya mencakup laporan yang dihasilkan siswa, melainkan juga kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Setiap model dan metode pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing. Nah, apasajakah kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran tipe Group Investigation ini? mari kita simak dengan seksama.


Kelebihan model pembelajaran tipe Group Investigation yaitu :

  1. Pembelajaran yang dilakukan dalam metode ini meminta siswa untuk berperan aktif dan komunikatif. 
  2. Pembelajaran ini menekankan suasana untuk saling bekerja sama dan melakukan interaksi diantara siswa dalam kelompok, tanpa melihat pada latar belakang yang dimiliki oleh masing – masing siswa. 
  3. Siswa dilatih untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan kondusif. 
  4. Menumbuhkan motivasi dalam diri siswa, agar aktif dalam kegiatan proses belajar, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pada tahap akhir dari pembelajaran. Tahap akhir dari pembelajaran ini yaitu melakukan presentasi dari hasil investigasi dari masing – masing kelompok 
Kelemahan model pembelajaran tipe Group Investigation yaitu : 
  1. Siswa yang memiliki potensi dalam berpikir yang rendah, tidak begitu aktif di kelas dan dalam diskusi, menjadikan metode group investigation tidak dapat berjalan dengan baik. 
  2. Siswa yang berperan sebagai anggota kelompok, belum tentu bersedia untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hal tersebut disebabkan mereka hanya memberikan kepercayaan penuh pada ketua yang ada dalam kelompoknya. 
  3. Teman yang memiliki daya pikir yang lemah, pada umumnya hanya bisa mengikuti teman dalam kelompok. 

Demikian sedikit pembahasan dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Semoga artikel di atas dapat membantu pembaca lebih memahami model ini. 

Sumber :
-wawasanpendidikan.com
-portal-ilmu.com

Post a Comment for "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation"