Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah Yang Berseri. Nomor 8 Paling Mengejutkan

apologiku - Pernahkah kalian melihat buah kersen ?? itu loh yang banyak tumbuh dimana mana, di pinggir jalan ada, di sekolah sekolah juga ada, apalagi di pedesaan. Buah kersen ini tumbuh dimana saja, kadang tanpa disadari, eh tumbuh di halaman rumah.


Buah kersen itu kalo dilihat sekilas, mirip dengan buah ceri namun dengan ukuran yang lebih imut dari ceri. Warna buah mungil ini hijau jika masih muda, namun jika sudah matang maka warnanya menjadi merah.

Buah kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura ini, pohonnya mudah ditemui dimana mana karena termasuk dalam kelompok tumbuhan liar. Pohonnya yang rindang dapat menjadi tempat berteduh favorit. Tanaman ini terkadang hanya dipandang sebelah mata, karena banyak di temui di pinggir jalan. Tapi bagi yang pernah makan buahnya, waaahhh.... pastinya selalu mencari buah yang berwarna merah untuk di santap... hehe

Tanaman kersen selain merupakan tumbuhan liar, ternyata tidak banyak yang tahu loh bahwa tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nah pada artikel kali ini saya akan coba mengulas mengenai manfaat tanaman ini. Yuk kita simak bersama :

#1. Kaya Vitamin C
Vitamin C merupakan elemen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena merupakan antioksidan yang dapat mencegah penyakit bahkan mencegah dan melawan sel kanker, dan tentunya juga baik untuk kesehatan mata. Nah perlu teman teman ketahui bahwa ternyata 100 gram buah kersen setara dengan 150 miligram vitamin C.

#2. Meredakan sakit kepala
Buah kersen juga ternyata dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. kita ketahui bersama bahwa sakit kepala di sebabkan karena penyempitan pembuluh darah. sehingga buah kersen ini cocok loh untuk jadi obatnya, enak lagi.

#3. Membantu menurunkan berat badan
Nah, ternyata buah ini cocok loh buat kalian yang lagi dalam program diet. kok bisa ? tentu bisa lah, karena buah kersen ini mengandung karbohidrat yang cukup sehingga membuat kita dapat menahan lapar lebih lama. Tentunya cocok buat cemilan kamu setiap hari.

#4. Mengobati penyakit diabetes
Ini lah yang paling teruji bahkan saya pernah membuktikannya, ternyata dengan air rebusan daun kersen ini dapat menurunkan kadar gula darah loh. Senyawa kimia di dalam daunnya efektif untuk mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula dapat berjalan dengan baik.

#5. Menjaga jantung supaya tetap sehat
Kok bisa yah ? Hal tersebut karena Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium. Miokardium sendiri merupakan lapisan otot jantung yang bertugas untuk memompa jantung dan memasok seluruh tubuh dengan darah. Konsumsi teratur daun kersen ini berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium. Sehingga memungkinkan jantung tetap sehat.

#6. Mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh
Buah kersen ini juga ternyata mengandung beberapa nutrisi penting loh seperti, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B.

#7. Membantu menurunkan demam
Buah kersen juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat membantu menurunkan demam dan mencegah peradangan.

#8. Menjaga kesehatan kulit agar tetap awet muda
Sejumlah antioksidan termasuk vitamin C dalam buah kersen sangat efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit akan tampak awt muda karena terjaga elastisitasnya. Selain itu, mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C akan membuat kulit wajah menjadi lebih berseri alami.

#9. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan kalium dalam buah kersen ini dapat menormalkan dan menstabilkan tekanan darah. Dengan kembali normalnya tekanan darah, maka buah kersen dapat menurunkan resiko terkena stroke akibat tekanan darah yang terlalu tinggi.

#10. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Antioksidan  yang terkandung dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. selain antioksidan buah kersen juga memiliki kandungan flavonoid yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga mengonsumsinya secara teratur sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Post a Comment for "10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah Yang Berseri. Nomor 8 Paling Mengejutkan"