Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedekah !!! Untuk Apa...???

apologiku - Sedekah...!!! Untuk apa ... ??? Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

@dream.co.id
Tentunya kita semua tidak asing lagi dengan kata sedekah.

Sedekah menurut bahasa adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu

Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. namun juga dimaksudkan untuk membersihkan harta yang kita miliki.

Berbeda dengan zakat, sedekah tidak termasuk dalam rukun islam namun merupakan amalan yang baik di kerjakan untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Belilah semua Kesulitanmu dengan sedekah". Bersedakh tidak akan menjadikan hidup kita miskin, tapi dengan bersedekah maka hidup kita akan tercukupi.

Berikut ini beberapa keutamaan sedekah :
  1. Dengan bersedekah maka Allah akan menghilangkan sifat sombong dan tamak serta sifat bangga terhadap diri sendiri 
  2. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman : "Sesungguhnya orang orang yang bersedekah baik laki laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS. Al-Hadid : 18) 
  3. Jika harta yang disedekahkan asalnya dari yang halal maka menurut sabda Nabi, sedekah itu akan menggurkan dosa seperti air memadamkan api. 
  4. Sedekah juga dapat menghindarkan kita dari panasnya alam kubur 
  5. Sedekah juga merupakan pemisah antara kita dan neraka 
  6. Sedekah akan menjadi naungan atau bantuan di hari akhir 
  7. Sedekah juga dapat menjadi salah satu sumber kesuksesan dunia
Bagi orang yang senang bersedakh, maka Allah akan mencukupinya. Allah SWT senantiasa mencukupi hambanya dari arah yang tidak disangka sangka. terkadang tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba tiba ada orang yang datang memberikan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan kita. sebagai hamba kita tidak boleh meragukan janji Allah, karena janji-Nya itu pasti berbeda dengan janji makhluk-Nya yang terkadang ingkar.

Jadikanlah Sedekah sebagai Kebiasaanmu agar hartamu suci dan berkah, Janganlah Ragu dalam berbagi, karena Allah akan mencukupimu bahkan menambahkan Rahmat-Nya kepadamu.

Post a Comment for "Sedekah !!! Untuk Apa...???"