Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harta Bukan Jaminan Untuk Bahagia


apologiku - Harta bukan jaminan untuk bahagia, "Jangan Terlalu Asik Mengejar Harta dalam Hidup, Sampai Lupa Menikmati Hidup itu Sendiri"
@fodasm

"Orang qana'ah merasa cukup dengan Tuhannya dan tidak berusaha menambah porsi bagi hawa nafsunya kecuali jika tambahan itu murni dari Allah kepadanya."
(al-harits al-muhasibi)

Dunia ini bukan melulu soal harta, karena belum tentu jika hartamu banyak maka hidupmu bahagia.

Banyak orang kaya yang ternyata hidupnya susah, kenapa ?? karena ia selalu memikirkan apa yang diinginkan hawa nafsunya.

Namun banyak pula orang miskin yang ternyata hidupnya lebih bahagia karena pola hidupnya tentram dan damai.

Uang bukanlah segalanya. Tapi segalanya butuh uang.

Ungkapan di atas memang benar adanya namun tentunya kita perlu memahami bahwa ada satu hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. apakah itu ???

Yaa benar, kebahagian itu tidak bisa di beli dengan uang 

Analoginya seperti ini, 

Seorang tukang becak, sedang duduk di atas becak nya sambil menikmati minuman dingin dengan gaya santai. kemudian ia terdur pulas di atas becak nya dengan tanpa beban.

kemudian datanglah seorang bisnisman membangunkannya dan bertanya, "Hei, kenapa kamu tidur di sini ? kamu tidak narik becak ?"

Si Tukang Becak pun menjawab, "Sudah kok tadi." dengan jawaban yang seadanya.

kemudian si bisnisman ini berkata, "kamu harus bangun tarik becakmu supaya kamu bisa punya banyak uang dan bisa membeli becak yang banyak agar kamu bisa mempekerjakan orang dengan becak-becak milikmu."

Dengan mimik muka yang bengong Si Tukang becak berkata, "Truuusss...???"

dijawablah, "kalo kamu sudah memiliki karyawan kamu bisa menikmati hidupmu dengan tenang."

kemudian di jawab lagi sama si tukang becak, "Ini aku sudah menikmati hidupku, aku bisa tidur dengan nyaman tanpa ada beban pikiran. beda dengan orang-orang besar itu, orang-orang gedongan itu, yang punya banyak uang tapi tidak bisa tidur nyenyak karena memikirkan harta melulu."

Si bisnisman pun tertunduk dan terperanjak dengan kata kata Si tukang becak.

karena memang benar yang di katakan si tukang becak banyak orang kaya yang kini hanya bisa keluar masuk rumah sakit gara-gara penyakit penyakit yang disebabkan oleh banyak nya beban pikiran.

tentunya kita semua harus belajar untuk memaknai hidup dengan sebaik baiknya, agar senantiasa memperoleh keridhoan-Nya.

karena Allah tidak akan pernah menelantarkan makhluk-Nya selama ia terus berdoa dan berusaha. Jangan lah pernah hanya terpaku pada gemerlapnya dunia, ingatlah bahwa akhirat menanti kita.

Janganlah kamu hanya mengejar dunia, kejarlah akhiratmu maka duniamu akan ikut terpenuhi.


Post a Comment for "Harta Bukan Jaminan Untuk Bahagia"