google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Cara Mudah Membuat Tabel di Word - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Tabel di Word

Halo teman teman,,
kali ini saya akan berbagi Cara Mudah Membuat Tabel di Word lengkap dengan gambar, tentunya supaya teman teman bisa lebih mudah belajarnya. Oke kita langsung saja yah:

#1. Membuat Tabel
Untuk langkah yang pertama, mari kita mencoba memulai dengan yang paling mudah yah teman teman. Nah, karena kita masih baru belajar nih ceritanya, teman teman tidak perlu sibuk dengan data- data dulu. Cukup ikuti langkah-langkahnya sambil ngebuka MS. Word tentunya.

Nah, setelah kita membuka aplikasi MS. Word, selanjutnya pilih menu insert lalu pilih menu table yang terdapat di bagian atas kotak dialog. Kemudian tentukan berapa kolom yang akan kita buat pada tabel. Pada gambar di bawah ini saya membuat tabel ukuran 5x4 (5 kesamping dan 4 kebawah).

#2 Mengubah Ukuran Kolom Tabel
Nah, Khusus untuk mengubah ukuran kolom pada tabel, teman teman bisa melakukannya dengan 3 cara. Cara pertama adalah tempatkan kursor pada salah satu bagian tabel, kemudian pilih Layout pada yang ada di bagian atas, kemudian ubah ukuran sesuai dengan yang di tunjukkan dengan angka 1 pada gambar di bawah ini. Dimana Height adalah untuk mengatur lebar kolom sedangkan Width adalah untuk mengatur tinggi kolom. Cara yang kedua adalah dengan menggeser bagian left tab seperti yang di tunjukkan pada angka 2 untuk memperkecil ukuran kolom. Dan cara yang ketiga adalah dengan meletakkan kursor pada garis tengah antar kolom kemudian digeser kesamping atau kebawah sesuai kebutuhan teman teman.

#3 Menambah dan Mengurangi Kolom Pada Tabel
*Untuk menambah kolom pada tabel, dapat dilakukan dengan cara 1, 2 dan 3 seperti pada gambar. Cara pertama dengan mengklik tanda tambah yang ada pada bagian tepi atas tabel yang muncul ketika kursur diletakkan pada pertemuan garis tabel. Namun sepertinya cara ini hanya bisa dilakukan jika menggunakan MsO. Word 2016. Cara kedua adalah dengan memilih cara pilih Layout kemudian klik salah satu pilihan yang terdapat pada halaman rows & columns. Insert Above untuk menambah kolom ke atas, Insert Below untuk menambah kolom kebawah, Insert Left untuk menambah kolom samoing kiri dan Insert Right untuk menambah kolom samping kanan. Dan Cara ketiga adalah dengan menggunakan menu Draw table. Draw Table digunakan dengan cara menambahkan garis pada kolom tabel sehingga akan terciptalah kolom baru pada tabel.

*Untuk mengurangi kolom pada tabel, dapat dilakukan dengan menggunakan menu delete seperti yang ditunjukkan nomor 4 pada gambar. Namun sebelum melakukan delete, teman teman harus memblok kolom yang akan di hapus terlebih dahulu kemudian barulah teman teman mengklik delete. Poin 4 yaitu eraser gunanya untuk menghapus garis 
#4 Menyatukan dan Memisahkan Kolom Pada Tabel
Untuk menyatukan 2 buah kolom tabel, maka terlebih dahulu teman teman  harus memblok kolom tabel yang akan disatukan. setelah itu lanjutkan dengan memilih Layout kemudian pilih Marge Cels maka kolom yang tadi diblok akan menjadi satu.
Sedangkan untuk memisahkan kolom pada tabel, maka yang harus teman teman lakukan adalah dengan meletakkan kursor pada kolom yang akan dipisahkan kemudian tetap pada menu Layout lalu pilih menu Split Table  dan ajaibnya adalah kolom tabel akan terpisah. 

#5. Memberikan Warna Pada Tabel
Untuk memberikan warna pada tabel maka teman teman selanjutnya harus masuk pada menu Design. Caranya mudah kok teman teman yaitu dengan memblok bagian kolom yang ingin diberikan warna, kemudian pilih design kemudian pilih shading (gambar kaleng cat) lalu pilih warna yang kamu inginkan. Maka jadilah tabel seperti gambar di bawah ini.


Demikian teman teman cara membuat tabel. semoga bermanfaat yah.... :')


Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Tabel di Word"